Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (1)
Mata Pelajaran : Ilmu pengetahuan Alam
Kelas / Semester : IV \ I
Pertemuan Ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran ( 2 x pertemuan )
Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsi serta pemeliharaannya.
Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan hubungan struktur rangka tubuh manusia dengan fungsinya.
Indikator :
- Menyebutkan 3 bagian utama rangka manusia
- Menjelaskan fungsi rangka
- Menjelaskan hubungan antaratulang yang satu dengan yang lain dan menyebutkan jenis – jenisnya
I. Tujuan pembelajaran :
1. Siswa dapat menyebutkan 3 bagian utama rangka manusia.
2. Siswa dapat menjelaskan fungsi rangka.
3. Siswa dapat menjelaskan hubungan antara tulang yang satu dengan yang lain beserta jenis – jenisnya.
II. Materi Ajar : Rangka manusia dan fungsinya.
III. Metode :
- Tanya Jawab
- Ceramah
- Diskusi
- Demontrasi
IV. Langkah – Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan model \ gambar rangka manusia
- Apersepi ( Tanya jawab tentang rangka )
B. Kegiatan Inti :
- Mengadakan pengamatan pada model / gambar rangka manusia
- Mengadakan Tanya jawab tentang hasil pngamatan
- Merangkum / menyimpulkan hasil pengamatan dan tanya jawab
- Menyalin kesimpulan materi di buku catatan
- Mengerjakan lembar kerja siswa (terlampir )
C. Kegiatan Akhir
- Memberi tugs siswa ( PR )
Pertemuan II
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan gambar / model rangka
- Mengadakan tanya jawab tentang rangka
B. Kegiatan Inti
- Mengadakan pengamatan pada gambar / model rangka manusia
- Mencari informasi pada buku tentang hubungan antara tulang yang satu dengan yang lain beserta Janis – jenisnya
- Mengadakan tanya jawab tentang hasil pencarian informasi
- Merangkum / menyimpulkan hasil pencarian informasi
- Menyalin informasi ke dalam buku catatan
- Mengerjakan lembar kerja siswa ( terlampir )
C. Kegiatan Akhir
- Mengerjakan tugas
V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
- Model / gambar rangka manusia
- Tubuh sendiri
- Buku Paket Depdikbud Kelas IV hal. 91 – 98
- Buku Babon Ganeca Exact IV hal. 1 – 15
VI. Penilaian
- Tertulis
- Lisan
- Unjuk Kerja
Mengetahui : Kepala SDN Tanjungsari I Hj. A S I Y A H, S.PdNIP. 130 495 024 | Guru Kelas ( ……………………………. ) NIP. …………………… |
Lembar Kerja I
Amatilah model / gambar rangka tubuh manusia. Diskusikan bagian – bagian utama rangka dan fungsinya. Catatlah hasil diskusi dan pengamatanmu dalam table berikut!
No. | Bagian Utama Rangka | Fungsinya | Bagian – bagian |
1. | Rangka kepala / tengkorak | | |
2. | Rangka Badan | | |
3. | Rangka Anggota Gerak | | |
Lembar Kerja II
Amatilah gambar kerangka manusia
Bacalah / carilah Informasi pada buku tentang persendian beserta Jenis – jenisnya!
Legkapilah tabel berikut dengan benar.
No. | Macam – macam sendi | Contoh |
| | |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (2)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester : IV / I
Pertemuan Ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsi serta pemeliharaannya.
Kompetensi Dasar :
Menerapkan cara mmelihara kesehatan rangka tubuh
Indikator :
- Menyebutkan beberapa penyakit pada rangka
- Menjelaskan cara penanggulangan pemyakit yang berkaian dengan rangka
- Mempraktekkan cara merawat rangka
I. Tujuan Pembelajaran
1. siswa dapat menyebutkan beberapa penyakit pada rangka
2. siswa dapat menjelaskan cara penanggulangan penyakit yang berkaitan dengan rangka
3. siswa dapat mempraktekkan cara merawat rangka
II. Materi Ajar
Penyakit Rangka Dan Cara Penanggulangannya
III. Metode Pembelajaran
- Tanya jawab
- Ceramah
- Demontrasi
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan I
A. Kegiatan Awal
- Mengadakan tanya jawab tentang rangka tubuh manusia.
- Menyiapkan beberapa gambar sikap berdiri, tidur dan duduk yang benar dan yang salah.
B. Kegiatan Inti
- Mengadakan pengamatan gambar posisi duduk, berdiri dan tidur yang benar dan yang salah.
- Mencari informasi tentang penyakit – penyakit atau kelainan pada rangka manusia.
- Mendiskusikan macam – macam kelainan / penyakit rangka.
- Merangkum / menyimpulkan hasil diskusi.
- Menyalin atau mencatat kesimpulan materi ke dalam buku catatan.
- Menyelesaikan lembar kerja.
C. Kegiatan Akhir
- Memajangkan hasil
Pertemuan II
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan beberapa gambar kelainan / penyakit pada rangka manusia.
- Mengadakan tanya jawab tentang penyakit pada rangka manusia.
B. Kegiatan Inti
- Beberapa siswa maju ke muka kelas untuk memperagakan posisi berdiri, duduk dan tidur yang benar.
- Mendiskusikan hasil peragaan.
- Mencatat hasil peragaan dan hasil diskusi dalam buku catatan.
- Tanggapan dan kesimpulan
C. Kegiatan Akhir
- Memberi tugas siswa menggambar dan alat indra untuk pertemuan berikutnya.
V. Alat / bahan / sumber
a. Alat / bahan :
- Gambar – gambar posisi rangka yang benar dan yang salah.
b. Sumber Materi :
- Buku Paket IPA IV hal 91 – 99.
- Buku Sains IV A Ganeca Exact 1 – 15.
- Rona Cakrawala IV A terbitan Mitra Karya.
VI. Penilaian
- Tes Tertulis
- Tes peragaan ( sikap )
- Instrumen ( Penilaian terlampir )
Instrumen Penilaian
I. Tes Tertulis
1. Skoliosis yaitu …..
2. Penyebab skoliosis antara lain, karena …..
3. Kifosis yaitu …..
4. Lordosis yaitu …..
5. Yang termasuk rangka anggota gerak yaitu …..
II. Tes Perbuatan / Sikap
Demonstrasikan dengan menunjukkan dan memperagakan yang sesuai dengan rangka manusia.
Format Pengamatan
Keterangan :
Nilai 10 jika dilakukan dengan benar
Nilai 5 jika dilakukan kurang sempurna
Nilai 0 jika tidak malakukan
Lembar Kerja Siswa
Bacalah Dan Carilah Informasi Tentang Kesehatan Rangka Tubuh
Jawablah Soal – soal Berikut
- Sebutkan contoh tulang rawan
a. ….….
2. Tulang yang keras teriri dari dua zat yaitu …
b. ……..
3. Penderita Polio disebabkan oleh ….
4. Kaki yang berbentuk X atau O disebabkan oleh ….
5. Karena sering membawa beban berat pada salh satu tangan atau bahu menyebabkan tulang belakang membengkok ke kiri atau ke kanan yang disebut …
6. Kifosis yaitu ….
7. posisi tidur yang baik untuk pembentukan tulang adalah …
8. Makanan yang baik untuk pertumbuhan tulang adalah makanan yang banyak mengandung …
9. Pada pembuatan bangunan para arsitek meniru rangka makluk hidup, rangka ikan ditiru untuk membuat …
10. Pembuatan helm meniru rangka hewan …
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (3)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester : IV / I
Pertemuan Ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsi serta pemeliharaannya.
Kompetensi Dasar :
Mendiskripsikan hubungan antar struktur panca indra dan fungsinya.
Indikator :
- Menyebutkan alat Indra manusia
- Menjelaskan kegunaan Alat Indra
- Menjelaskan hubungan antara struktur panca Indra dengan Fungsinya.
I. Tujuan Pembelajaran
2. siswa dapat menyebutkan alat Indra manusia.
3. siswa dapat menjelaskan kegunaan alat indra.
4. siswa dapat menjelaskan hubungan antara struktur alat Indra dengan fungsinya.
II. Materi Ajar
Alat Indra
III. Metode Pembelajaran
- Tanya jawab
- Ceramah
- Demontrasi
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan I
A. Kegiatan Awal
- Mempersiapkan gambar alat indra.
- Mengadakan Tanya jawab tentang alat Indra
B. Kegiatan Inti
- Mengadakan pengamatan pada gambar alat indra sambil mangadakan Tanya jawab tentang tentang alat indra.
- Menyabutkan nama – nama alat indra beserta bagian – bagiannya secra rinci.
- Menyimpulkan hasil
- Mengerjakan Lembar Kerja.
C. Kegiatan Akhir
- Memberi tugas ( PR )
Pertemuan II
A. Kegiatan Awal
- Membahas PR
- Menyanyikan lagu Tata Surya
B. Kegiatan Inti
- Tanya jawab tentang kerusakan alat indra
- Mendiskusikan sebab – sebab kerusakan alat Indra.
- Menjelaskan cara merawat alat Indra.
- Menyimpulkan hasil diskusi dan Tanya jawab ke dalam buku catatan
- Mengerjakan Lembar Kerja
- Membahas dan menyimpulkan Lembar Kerja.
C. Kegiatan Akhir
- Memberi tugas menggambar dan alat indra secara berkelompok.
V. Alat / bahan / sumber
a. Alat / bahan :
- Gambar alat indra
- Indra sendiri
b. Sumber Materi :
- Buku Sains IV A Ganeca Exact hal 16 – 35.
- Rona Cakrawala IV A terbitan Mitra Karya Solo hal. 9 – 10
VI. Penilaian
- Tes Tertulis
- Tes peragaan ( sikap )
- Instrumen ( Penilaian terlampir )
Mengetahui : Kepala SDN Tanjungsari I Hj. A S I Y A H, S.PdNIP. 130 495 024 | Guru Kelas ( ……………………………. ) NIP. …………………… |
Lembar Kerja Siswa
Amatilah gambar alat indra
Isilah tabel di bawah ini ( satu kelompok satu alat Indra )
No. | Nam alat indra | Gambar struktur alat indra | Kegunaan dari bagian – bagian tersebut |
| | | |
Instrumen penilaian
A. Tes tertulis
Jawablah dengan benar
1. Alat indra kita ada lima yaitu …..
2. Hipermetropi yaitu…………. Ditolong dengan lensa ……
3. Tidak bias membedakan garis lengkung dan lurus adalah kelainan mata …...
4. Getaran suara yang keras disebut …..
5. Suara yang sangat keras disebut …..
6. Suara yang mampu didengar oleh telinga manusia mempunyai frekuensi …..
7. Ujung lidah peka terhadap rasa ….
8. lapisan luar kulit disebut …
9. Indra pengecap rasa adalah …
10. Agar kulit tetap sehat makanan yang baik adalah …
B. Tes Unjuk kerja ( kelompok )
- Siapkan 5 glas berisi air bening, masing – masing setengah gelas.
- Larutkan gula, garam, air jeruk nipis, Pil ( obat ) dan satu gelap tetap air bening.
- Teteskan sedikit air di ujung lidah dari ke 5 gelas tersebut dengan teman kelompok secara bergantian.
- Suruhlah temanmu menyebutkan rasa dari tetesan tersebut satu per satu.
- Ulangi hal tersebut pada daerah kiri / kanan / belakang / pangkal lidah.
- Isi tabel berikut.
Keterangan :
Beri tanda ( Ö ) jika teras dan ( x ) jika tidak terasa
Isi pernyataan berikut :
1. Asin sangat terasa pada permukaan lidah bagian …
2. Asam sangat terasa pada permukaan lidah bagian …
3. Manis sangat terasa pada permukaan lidah bagian …
4. Pahit sangat terasa pada permukaan lidah bagian …
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (4)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester : IV / I
Pertemuan Ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsi serta pemeliharaannya.
Kompetensi Dasar :
. Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indra
Indikator :
- Menyebutkan beberapa penyakit pada panca Indra.
- Menjelaskan cara penanggulanga penyakit yang berkaitan dengan panca Indra.
- Mempraktekkan cara merawat panca indra.
I. Tujuan Pembelajaran
1. siswa dapat menyebutkan beberapa penyakit pada panca indra.
2. siswa dapat menjelaskan cara penanggulangan penyakit yang berkaitan dengan panca indra.
3. siswa dapat mempraktekkan cara merawat panca indra.
II. Materi Ajar
Penyakit Alat Indra dan Cara Penanggulangannya
III. Metode Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- Demontrasi
IV.Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan I
A. Kegiatan Awal
- Mengadakan Tanya jawab tentang panca Indra dan Fungsinya.
B. Kegiatan Inti
- Tanya jawab tentang kelainan / penyakit indera
- Mengadakan diskusi tentang macam – macam kelainan alat indera.
- Mencari informasi dari buku mengenai sebab kelainan alat indera.
- Membahas hasil diskusi secara bersama.
- Mencatat hasil pembahasan ke dalam buku catatan.
- Menarik kesimpulan
C. Kegiatan Akhir
- Memberi tugas ( PR )
Pertemuan II
A. Kegiatan Awal
- Mengadakan Tanya jawab kelainan alat indera
B. Kegiatan Inti
- Mengadakan diskusi cara – cara mencegah / mengobati atau menjaga alat indera dari penyakit atau kelainan.
- Melaporkan hasil diskusi kelompok secara bergiliran.
- Membahas hasil diskusi dengan peragaan.di depan kelas seara bergiliran.
- Menyimpulkan hasil diskusi dan mencatat ke dalam buku catatan.
C. Kegiatan Akhir
- Penilaian unjuk kerja ( Terlampir )
- Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya.
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat :
- Gambar alat indera
- Indera sendiri
b. Sumber Materi :
- Buku Sains IV A Ganeca Exact hal 16 – 35.
- Rona Cakrawala IV A terbitan Mitra Karya Solo hal. 9 – 10
VI. Penilaian
- Tes Tertulis
- Tes peragaan ( sikap )
- Instrumen ( Penilaian terlampir )
Mengetahui : Kepala SDN Tanjungsari I Hj. A S I Y A H, S.PdNIP. 130 495 024 | Guru Kelas ( ……………………………. ) NIP. …………………… |
Lampiran I
Lembar kerja Siswa
Lengkapilah tabel berikut dengan benar!
No. | Nama alat indera | Jenis kelainan/ penyakit | Mengobati |
1. | Mata | | |
2. | Telinga | | |
3. | Hidung | | |
4. | Lidah | | |
5. | Kulit | | |
Lampiran 2
Instrumen penilaian
A. Tes Tertulis
Jelaskan dengan singkat
1. sebutkan macam – macam penyakit dan kelainan mata dan jelaskan cara pengobatannya.
2. jelaskan cara merawat telinga yang benar.
3. bagaimana cara merawat kulit yang baik
4. sebutkan bagian – bagian lidah yang peka terhadap rasa – rasa tertentu.
B. Tes Unjuk Kerja
No | Panca Indra | Cara Merawatnya | Skor | ||
3 | 5 | 10 | |||
1 | Mata | | | | |
2 | Telinga | | | | |
3 | Hidung | | | | |
4 | Kulit | | | | |
5 | Lidah | | | | |
Keterangan :
Secara kelompok siswa memperagakan bersama di depan kelas kemudian membuat hasil peragaan pada lembar penilaian di atas.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (5)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester : IV / I
Pertemuan Ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
Standar Kompetensi :
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.
Kompetensi Dasar :
. Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya.
Indikator :
- Membedakan jenis – jenis akar.
- Menyebutkan struktur bagian – bagian akar.
- Menjelaskan fungsi akar.
- Mencari contoh Jenis akar tumbuhan
I. Tujuan Pembelajaran
1. siswa dapat membedakan jenis – jenis akar.
2. siswa dapat menyebutkan struktur bagian akar.
3. siswa dapat menjelaskan fungsi kakar.
4. siswa dapat mancari contoh jenis – jenis akar.
II. Materi Ajar
Bagian – Bagian Akar Dan Fungsinya
III. Metode Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- Demontrasi
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan I
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan alat berupa tanaman yang sudah disiapkan oleh anak.
- Mengadakan Tanya jawab tentang bagian – bagian dari tanaman.
B. Kegiatan Inti
- Mengadakan pengamatan terhadap berbagai jenis akar tanaman.
- Mendiskusikan hasil pengamatan.
- Membahas hasil diskusi secara bersama – bersama.
- Menarik kesimpulan
- Menyelesaikan lembar kerja ( terlampir )
C. Kegiatan Akhir
- Memberi tugas ( PR )
Pertemuan II
A. Kegiatan Awal
- Mengadakan Tanya jawab tentang jenis akar dan bagian – bagiannya.
B. Kegiatan Inti
- Mencari informasi dari nara sumber/buku mengenai fungsi akar dan contoh jenis – jenis akar.
- Mengadakan diskusi.
- Melaporkan hasil diskusi secara berkelompok.
- Membahas hasil diskusi secara bersama.
- Membuat hasil kesimpulan ke dalam buku catatan.
C. Kegiatan Akhir
- Membuat laporan tertulis tentang fungsi akar dan contoh – contoh akar secara berkelompok.
- Memajang hasil laporan kelompok.
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat :
- Tanaman beserta bagian – bagiannya.
b. Sumber Materi :
- Buku Sains IV A Ganeca Exact hal 45 – 51.
- Rona Cakrawala IV A terbitan Mitra Karya Solo hal. 11 – 12
- Lembar kerja terlampir.
VI. Penilaian
- Tes Tertulis
- Tes lisan
- Unjuk kerja (terlampir )
Mengetahui : Kepala SDN Tanjungsari I Hj. A S I Y A H, S.PdNIP. 130 495 024 | Guru Kelas ( ……………………………. ) NIP. …………………… | | |
Lembar kerja
Lakukan kegiatan berikut ini
1. Amati tumbuhan yang ada di sekitar kalian, kar apa saja yang dimiliki tumbuhan tersebut?
2. Tuliskan nama tumbuhan dan jenis akaryang dimilikinya pada tabel berikut!
No. | Nama tumbuhan | Akar yang dimiliki |
1. 2. 3. 4. 5. | | |
Instrument Penilaian ( unjuk Kerja )
Struktur akar tunggang | Struktur akar serabut |
| |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (6)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester : IV / I
Pertemuan Ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
Standar Kompetensi :
2.Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.
Kompetensi Dasar :
. Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya.
Indikator :
- Membedakan struktur batang.
- Menyebutkan bagian – bagian batang pada tumbuhan.
- Menjelaskan fungsi batang pada tumbuhan.
- Mencari contoh Jenis batang dan contohnya.
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat membedakan struktur batang.
2. Siswa dapat menyebutkan bagian – bagian batang pada tumbuhan.
3. Siswa dapat menjelaskan fungsi batang pada tumbuhan.
4. Siswa dapat mencari contoh Jenis batang dan contohnya.
II. Materi Ajar
Bagian – Bagian Batang Dan Fungsinya
III. Metode Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- Demontrasi
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan I
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan gambar/contoh tanaman
- Mengadakan Tanya jawab tentang bagian – bagian dari tanaman.
B. Kegiatan Inti
- Mengadakan pengamatan terhadap berbagai jenis tanaman.
- Mencari perbedaan antara batang tanaman yang satu dengan yang lain melalui pengamatan.
- Mendiskusikan hasil pengamatan.
- Membahas hasil diskusi secara bersama.
- Mencatat kesimpulan hasil diskusi ke dalam buku catatan.
- Menyelesaikan lembar kerja
C. Kegiatan Akhir
- Memberi tugas ( PR )
Pertemuan II
A. Kegiatan Awal
- Mengadakan Tanya jawab tentang struktur dan bagian batang.
- Menyiapkan gambar tanaman.
B. Kegiatan Inti
- Mengadakan diskusi dan Tanya jawab tentang batang.
- Melaporkan hasil diskusi.
- Tanggapan dan mearik kesimpulan
- Merangkum hasil diskusi dan mencatat kedalam buku catatan.
C. Kegiatan Akhir
- Memberi tugas untuk pertemuan yang akan dating ( berbagai jenis daun )
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat :
- Gambar Tanaman
- contoh berbagai jenis tanaman.
b. Sumber Materi :
- Buku Sains IV A Ganeca Exact hal 47 – 49.
VI. Penilaian
- Tes Tertulis
- Unjuk kerja (terlampir )
Mengetahui : Kepala SDN Tanjungsari I Hj. A S I Y A H, S.PdNIP. 130 495 024 | Guru Kelas ( ……………………………. ) NIP. …………………… |
Lampiran 1
Lembar kerja Siswa
Jawablah dengan benar!
1. Tumbuhan yang memiliki batang berkayu antara lain :
………….
………….
………….
2. Tumbuhan yang memiliki batang basah :
………….
………….
………….
3. Tumbuhan yang memiliki batang rumput :
…………..
…………..
…………..
Lampiran 2
Instrumen penilaian
Mengamati jenis – jenis batang
- Amati tumbuhan yang ada di sekitar!
- Catat jenis tumbuhan yang berkayu, Batang basah, Batang rumput beserta cirinya!
Hasil pengamatan batang Nama ……………….
No. | Jenis batang | Contoh tanaman (5) | Cirri – ciri batang (5) |
1. 2. 3. | Batang berkayu Batang basah Batang rumput | | |
Keterangan
Setiap jawaban sempurna nilai 5
Nilai : skor yang diperoleh / skor maksimum(30) X 10
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (7)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester : IV / I
Pertemuan Ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
.
Kompetensi Dasar :2.3. Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
.
Indikator : - Membedakan struktur daun
. - Menyebutkan bagian – bagian daun
. - Menjelaskan fungsi daun pada tumbuhan
. - Mencari contoh Jenis daun dan contohnya
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat membedakan struktur daun.
2. Siswa dapat menyebutkan bagian – bagian daun.
3. Siswa dapat menjelaskan fungsi daun pada tumbuhan.
4. Siswa dapat mencari contoh Jenis daun dan contohnya.
II. Materi Ajar
Bagian – Bagian daun Dan Fungsinya
III. Metode Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- Demontrasi
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan I
A. Kegiatan Awal
- Mengadakan Tanya jawab tentang bagian – bagian tumbuhan.
- Menyiapkan berbagai jenis daun yang dibawa anak dari rumah.
B. Kegiatan Inti
- Mengadakan diskusi dan Tanya jawab mengenai struktur/bentuk daun.
- Mengamati bentuk daun yang telah diamati.
- Membahas secara bersama hasil pengamatan.
- Mencatat pengamatan yang sudah dibahas ke dalam buku catatan.
- Tanggapan dan menarik kesimpulan
C. Kegiatan Akhir
- Memberi tugas ( PR )
Pertemuan II
A. Kegiatan Awal
- Mengadakan Tanya jawab tentang struktur dan bagian batang.
- Menyiapkan gambar tanaman.
B. Kegiatan Inti
- Mengadakan diskusi dan Tanya jawab tentang batang.
- Melaporkan hasil diskusi.
- Merangkum hasil diskusi dan mencatat kedalam buku catatan.
C. Kegiatan Akhir
- Mengadakan evaluasi dengan lembar kerja
- Membahas lembar kerja.
- Memberi tugas untuk pertemuan yang akan dating ( berbagai jenis daun )
V. Penilaian
Tertulis (Terlampir)
Lisan
Unjuk kerja (Terlampir)
VI. Alat dan Sumber Belajar
Alat / Bahan :- gambar / model daun
- Co0ntoh macam-macam daun
Sumber belajar:
Buku pegangan IPA IV
Alam sekitar kita
Lembar kerja terlampir
Mengetahui : Kepala SDN Tanjungsari I Hj. A S I Y A H, S.PdNIP. 130 495 024 | Guru Kelas ( ……………………………. ) NIP. …………………… |
Lampiran 1.
Lembar kerja.
Mengamati bentuk daun.
- Kumpulkan beberapa macam daun yang ada di sekitar kita (usahakan tiap anak tidak sama).
- Amati bentuk daun yang telah terkumpul.
- Catat hasil pengamatan pada table berikut !
No. | Nama Tumbuhan | Bentuk tulang daun | |||
Menyirip | Menjari | Sejajar | Melengkung | ||
1 2 3 4 5 6 | Mengga | ü | | | |
Lampiran 2.
Instrumen penilaian
A. Tertulis
Jawablah dengan singkat !
1. Daun pada umumnya berwarna hijau karena mengandung …….
2. Daun tersusun atas ……….dan ………
3. Daun berguna untuk tempat ……….. bagi tumbuhan.
4. Tumbuhan yang memiliki daun menyirip adalah………..
5. Tumbuhan yang memiliki daun majemuk adalah ……….
B. Tes untuk kerja (perbuatan).
1. Amati dan pelajari tumbuhan yang ada di sekitarmu !
2. Bedakan antara tumbuhan berdaun tunggal dan majemuk !
3. Isilah table berikut berdasarkan hasil pengamatan kalian !
Pengamatan bentuk daun menurut jumlah helai
No. | Nama Tumbuhan | Bentuk daun | |
Tunggal | Majemuk | ||
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 | Falmboyan | | ü |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (8)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester : IV / I
Pertemuan Ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
.
Kompetensi Dasar :2.4. Menjelaskan hubungan antara struktur bunga dengan fungsinya.
Indikator : - Membedakan struktur bunga
. - Menyebutkan bagian – bagian bunga
. - Menyebutkan fungsi bagian-bagian bunga
. - Membuat model bunga lengkap.
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat membedakan struktur bunga.
2. Siswa dapat menyebutkan bagian – bagian bunga.
3. Siswa dapat menyebutkan fungsi bagian-bagian bunga.
4. Siswa dapat membuat model bunga lengkap.
II. Materi Pembelajaran
Bagian – Bagian bunga Dan Fungsinya
III. Metode Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- Demontrasi
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan I
A. Kegiatan Awal
- Mengadakan Tanya jawab tentang bagian – bagian tanaman.
- Menyiapkan gambar dan beberapa comtoh bunga..
B. Kegiatan Inti
- Mengamati jenis-jenis bunga yang telah dibawa siswa
- Mendiskusikan struktur bagian-bagian dari bunga-bunga tersebut.
- Mengadakan Tanya jawab tentang bagian-bagian bunga,
- Membahas bagian-bagian bunga dan menyimpulkan.
- Mencatat hasil pengamatan ke dalam kolom catatan.
Menyelesaikan lembar kerja
C. Kegiatan Akhir
- Memberi tugas rumah ( PR )
Pertemuan II
A. Kegiatan Awal
- Mengadakan tanya jawab tentang bunga dan bagian-bagian bunga.
B. Kegiatan Inti
- Mengamati gambar bunga dan contoh bunga yang lengkap
- .Mencari informasi tentang fungsi bagian-bagian bunga secara rinci dari nara sumber
- Melaporkan hasil pencarian informasi mengenai fungsi bagian bunga
- Tanggapan dan menarik kesimpulan
- Merangkum kedalam buku catatan.
C. Kegiatan Akhir
- Mengevaluasi hasil pembahasan bersama dilanjutkan menyelesaikan lembar tes
V. Penilaian
Tertulis (Terlampir)
Unjuk kerja (Terlampir)
VI. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat dan bahan :
- Gambar bagian-bagian bunga
- contoh bunga-bunga.
b. Sumber pelajar :
- Buku Sains IV A Ganeca Exact .
- Buku LKS lain yang relevan
- Buku rangkuman materi IPA 4A ”Mitra Karya” Solo
- Lembar kerja (terlampir).
Mengetahui : Kepala SDN Tanjungsari I Hj. A S I Y A H, S.PdNIP. 130 495 024 | Guru Kelas ( ……………………………. ) NIP. …………………… | | |
Lampiran 1.
Lembar kerja siswa.
Mengamati bagian-bagian bunga
Lakukan kegiatan berikut ini.!
1. Carilah bunga kembang sepatuyang sudah mekar.
2. Belahlah agar terlihat bagian-bagiannya
3. Gambarlah struktur bunga tersebut !
4. Jelaskan struktur bunga dengan benar
5. Hitunglah jumlah bagian-bagian bunga tersebut dengan mengisi tabek di bawah ini !
Gambar struktur Bunga sepatu | Jumlah bagian bunga | |
Nama bagian | jumlah | |
| I. Tangkai 2. Kelopak 3. Benangsari 4. Putik 5. Mahkota | |
Lampiran 2.
Instrumen penilaian
A. Tertulis
Jawablah dengan singkat !
1. Sebutkan bagian-bagian bunga !
2. Apakah guna tangkai bunga ?
3. Apakah guna kelopak bunga ?
4. Apakah alat kelamin betina bunga ?
5. Apakah yang dimaksud bunga sempurna ?
B. Tes perbuatan (untuk kerja).
Lakukan kegiatan berikut !
1. Kumpulkan 10 bunga dengan jenis yang berbeda.
2. Bedakan antara bunga sempurna dan tidak sempurna.
Hasil pengamatan bunga.
No. | Nama Bunga | Jenis bunga | Alasan / Sebab | |
Smpurna | Tidak sempurna | |||
1 2 3 4 5 | Bunga sepatu | ü | | |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (9)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester : IV / I
Pertemuan Ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 3. Menggolongkan Hewan berdasarkan jenis makanannya.
.
Kompetensi Dasar :3.1. Mengidentifikasi jenis makanan hewan.
3.2. Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya.
Indikator : - Menyebutkan jenis-jenis makanan hewan.
- Mengelompokkan jenis makanan hewan (jenis, bentuk)
. - Mengelompokkan jenis hewan berdasarkan jenis makanannya.
VII. Tujuan Pembelajaran
6. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis makanan hewan.
7. Siswa dapat mengelompokkan jenis makanan hewan.
8. Siswa dapat mengelompokkan jenis hewan berdasarkan jenis makanannya
9. Siswa dapat membuat model bunga lengkap.
VIII. Materi ajar
Jenis-jenis makanan dan jenis-jenis penggolongan hewan.
IX. Metode Pembelajaran
2. Ceramah,Tanya jawab, Diskusi
X. Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
A. Kegiatan Awal
Menyiapkan gambar-gambar hewan yang telah dibawa anak..
Mengadakan tanya jawab tentang makanandari hewan yang ada pada gambar tersebut
.
B. Kegiatan Inti
- Mengadakan diskusi dan tanya jawab untuk mengidentifikasi jenis-jenis makanan yang berbeda-beda
- Membahas bersama-sama jenis-jenis makanan hewan
- Membuat kesimpulan jenis makanan hewan
- Mencatat hasil kesimpulan ke delam buku catatan.
- Mengerjakan lembar kerja
C. Kegiatan Akhir
- Memberi tugas rumah (PR).
Pertemuan II
A. Kegiatan Awal
- Membahas PR.
- Mengadakan tanya jawab mengenai hewan berdasarkan jenis makanannya.
B. Kegiatan Inti
- Mengadakan diskusi mengenai jenis-jenis pengelompokan hewan.
- Melaporkan hasil diskusi.
- Melaporkan hasil diskusi secara bersama.
- Membuat rangkuman materi di buku catatan.
D. Kegiatan Akhir
- Menyelesaikan soal-soal tertulis.
- Membahas soal-soal latihan.
- Merangkum soal-soal sesuai materi.
XI. Penilaian
Tertulis (Terlampir)
Lisan
XII. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat dan bahan :
- Gambar-gambar hewan.
b. Sumber pelajar :
- Buku IV A ‘Ganeca Exact’ .
- Buku IV A ‘Mitra Karya’
- Alam sekitar kita
- Lembar kerja (terlampir).
Mengetahui : Kepala SDN Tanjungsari I Hj. A S I Y A H, S.PdNIP. 130 495 024 | Guru Kelas ( ……………………………. ) NIP. …………………… |
Lampiran 1.
Lembar kerja siswa.
Mengamati jenis dan struktur makanan hewan.
Lakukan kegiatan berikut ini !
1. Amati sebanyak-banyak hewan, jenis makanan dan sumber makanannya.
2. Kemudian isilah table di bawah ini yang sudah di siapkan, lalu diskusikanlah bersama teman kelompok !
3. Buatlah simpulan hasil diskusi untuk dilaporkan pada !
Jenis makanan hewan dan sumbernya
No. | Nama hewan | Makanan | Sumber makanan |
1 2 3 4 5 6 | | | |
Kesimpulan : …………
Lampiran 2.
Instrumen penilaian
Jawablah dengan singkat !
1. Herbivora yaitu ……
Contohnya ……….
2. Carnivora yaitu ……
Contohnya ……….
3. Omnivora yaitu ……
Contohnya ……….
4. Insectivora yaitu ……
Contohnya ……….
5. Detritivora yaitu ……
Contohnya ……….
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (10)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester : IV / I
Pertemuan Ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 4. Mendeskripsikan daur hidup beragam jenis makhluk hidup..
.
Kompetensi Dasar :4.1. Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewn di lingkungan sekitar.
Indikator : - Menjelaskan daur hidup dari beberapa
jenis hewan
- Membedakan daur hidup sempurna dan tidak sempurna
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan daur hidup dari beberapa jenis hewan
2. Siswa dapat membedakan daur hidup sempurna dan tidak sempurna
II. Materi ajar
Daur hidup hewan.
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, Ceramah, , Diskusi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
A. Kegiatan Awal
Menyiapkan gambar-gambar bermacam-macam hewan.
Mengadakan tanya jawab mengenai daur hidup hewan.
.
B. Kegiatan Inti
- Mengadakan tanya jawab dan diskusi urutan daur hidup hewan seperti nyamuk, kupu-kupu, katak, belalang, lipas, kecoa, dll.
- Menuliskan urutan daur hidup hewan pada papan tulis secara berurutan sambil dibahas bersama-sama.
- Menyimpulkan hasil pembahasan materi di papan tulis.
- Mencatat hasil kesimpulan ke delam buku catatan.
C. Kegiatan Akhir
- Memberi tugas rumah (PR).
Pertemuan ke 2
A. Kegiatan Awal
- Menyiapkan gambar daur hidup seperti nyamuk, kupu-kupu, katak, belalang, lipas, kecoa
B. Kegiatan Inti
- Mendiskusikan perbedaan dari urutan daur hidup nyamuk, kupu-kupu, katak, belalang, lipas, dan kecoa.
- Menyimpulkan hasil diskusi secara bersama-sama.
- Mencatat hasil kesimpulan.
C. Kegiatan Akhir
- Menyelesaikan soal-soal (produk).
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat dan bahan :
- Gambar-gambar daur hidup hewan.
b. Sumber pelajar :
- Buku sain Sahabatku ‘Ganeca Exact hal …
- Buku IPA ‘Mitra Karya’ Solo hal …
- Alam sekitar
- Lembar kerja (terlampir)
VI. Penilaian
Tertulis (Terlampir)
Lisan
Produk (Terlampir)
Mengetahui : Kepala SDN Tanjungsari I Hj. A S I Y A H, S.PdNIP. 130 495 024 | Guru Kelas ( ……………………………. ) NIP. …………………… |
| |
Lampiran 1
Lembar kerja Siswa
- Urutkan daur hidup Kupu-kupu adalah
Telur ………. …………. ………..
- Urutkan daur hidup Katak adalah
Telur ………. …………. ………..
- Urutkan daur hidup Kecoa adalah
Telur ………. …………. ………..
- Urutkan daur hidup Nyamuk adalah
Telur ………. …………. ………..
- Urutkan daur hidup Belalang adalah
Telur ………. …………. ………..
Lampiran 2.
Instrumen penilaian
A. Tertulis
1. Sebutkan hewan yang mengalami metamorfosis sempurna! Dan jelaskan alasannya.
2. Sebutkan hewan yang mengalami metamorfosis sempurna! Dan berikan alasannya.
B. Tes Produk (tiap kelompok berbeda).
Buatlah daur hidup kupu-kupu, katak, belalang, nyamuk, dan kecoa (pilih salah satu).
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (11)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester : IV / I
Pertemuan Ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4x35 menit ( 2 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup..
.
Kompetensi Dasar :4.2. Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing,ayam, ikan.
Indikator : - Menjelaskan cara tepat memberimakan
hewan peliharaan.
- Menjelaskan cara merawat / membersihkan kandang.
- Menyebutkan kegunaan kotoran hewan.
- Menjelaskan manfaat hewan liar bagi menusia
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan cara tepat memberimakan hewan peliharaan
2. Siswa dapat menjelaskan cara merawat / membersihkan kandang.
3. Siswa dapat menyebutkan kegunaan kotoran hewan.
4. Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan liar bagi menusia.
II. Materi ajar
Hubungan kepedulian terhadap hewan peliharaan.
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, Ceramah, , Diskusi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
A. Kegiatan Awal
Mengadakan Tanya jawab mengenai jenis-jenis hewan peliharaan.
Menyiapkan gambar hewan-hewan.
B. Kegiatan Inti
- Mengadakan diskusi dan tanya jawab mengenai cara yang tepat memberi makan dan cara merawat hewan peliharaan.
- Melaporkan hasil diskusi dan membahas secara bersama.
- Mencatat hasil pembahasan dilanjutkanmenyelesaikan lembar kerja
- Membahas lembar kerja siswa.
C. Kegiatan Akhir
- Memberi penilaian pada lembar kerja.
- Memberi tugas rumah (PR).
Pertemuan ke 2
A. Kegiatan Awal
- Membahas PR.
- Mengadakan Tanya jawab mengenai hewan ternak dan peliharaan
B. Kegiatan Inti
- Mengadakan diskusi dan tanya jawab mengenai kegunaan kotoran hewan, cara memperlakukan hewan liar dan manfaat hewan liar bagi manusia.
- Melaporkan hasil diskusi dan dibahas bersama.
- Menarik kesimpulan.
- Menyelesaikan lembar kerja dan membahas bersama
C. Kegiatan Akhir
- Mengadakan evaluasi
- Memberi tugas rumah (PR) pemantapan
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Sumber pelajar :
- Buku IPA IV A‘Ganeca Exact’hal 65-69 .
- Buku IPA IV A ‘Mitra Karya’ Solo, hal 18-20.
- Hewan/Alam sekitar
VI. Penilaian
Tertulis (Terlampir)
Lisan
Mengetahui : Kepala SDN Tanjungsari I Hj. A S I Y A H, S.PdNIP. 130 495 024 | Guru Kelas ( ……………………………. ) NIP. …………………… |
Lampiran 1.
Lembar kerja 1.
Tuliskan 10 jenis hewan peliharaan dan cara perawatannya.
No. | Nama Hewan | Tempat Pemeliharaan | Makanan | Manfaat yang diambil |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 | Ayam Ikan | Kandang/kebun Akuarium/kolam | Jagung,beras …. | Daging, telur, bulu |
Lembar kerja 2.
Mengamati manfaat hewan liar.
No. | Nama hewan | Manfaat yang lain didapatkan |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 | Kupu-kupu Cacing | Membantu penyerbukan. Menggemburkan tanah/menyuburkan |
Lampiran 2.
Instrumen penilaian
Jawablah soal-soal berikut dengan benar !
1. Bagaimana cara merawat hewan peliharaan yang baik ? jelaskan !
2. Mengapa kandang hewan harus ada ventilasi dan mendapatkan sinar matahari ? jelaskan !
3. Sebutkan hewan liar dan langka yang masih dilindungi negara !
4. Mengapa ular di sawah sebaiknya jangan dibunuh ?
5. Hasil apakah yang di dapat dari hewan liar ini ?
1) Kupu
2) Cacing
3) Lebah
4) Cicak
5) Kerang
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (12)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester : IV / I
Pertemuan Ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4x35 menit ( 2 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan antar makhluk dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
.
Kompetensi Dasar :5.1. Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan kelas (simbiosis)dan hubungan makan dan dimakan antara makhluk hidup (rantai makanan).
Indikator : - Menjelaskan bentuk-bentuk ketergantungan antara hewan dan tumbuhan di sekitarnya (mutualisme, parasitisme, komensalisme)
- Menuliskan / menggambarkan bentuk-bentuk rantai makanan.
- Menuliskan / menggambarkan jaring-jaring makanan
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk ketergantungan antara hewan dan tumbuhan
2. Siswa dapat Menuliskan / menggambarkan bentuk-bentuk rantai makanan.
3. Siswa dapat Menuliskan / menggambarkan jaring-jaring makanan
II. Materi ajar
Hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungan.
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, Ceramah, , Diskusi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
A. Kegiatan Awal
Menyiapkan gambar-gambar bentuk simbiosis.
B. Kegiatan Inti
- Menjelaskan bentuk hubungan ketergantungan antara hewan dengan tumbuhan
- Mendiskusikan dengan kelompok
- Melaporkan hasil diskusi
- Membahas secara bersama
- Menarik kesimpulan
- Mengerjakan lembar kerja
C. Kegiatan Akhir
- Memberi tugas rumah untuk lebih memantapkan pelajaran.
Pertemuan ke 2
A. Kegiatan Awal
- Membahas tugas rumah (PR).
- Mengadakan Tanya jawab mengenai peristiwa makan dan dimakan dengan urutan tertentu
B. Kegiatan Inti
Mengadakan tanya jawab dan diskusi mengenai rantai makanan dan jaring-jaring makanan
- Melaporkan hasil diskusi .
- Tanggapan dan menarik kesimpulan
- Membuat rangkuman diskusi dan mencatat ke dalam buku
- Menyelesaikan lembar kerja
C. Kegiatan Akhir
- Memberi tugas rumah (PR)
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat : - Gambar bentuk lingkungan (simbiosis)
- Skema / gambar rantai makanan
- Skema / gambar jarring-jaring makanan
- Alam sekitar
b. Sumber pelajar :
- Buku IPA IV A‘Ganeca Exact’hal 73-88 .
- Buku LKS IPA IV A ‘Mitra Karya’ Solo, hal 24-31.
- Pengetahuan guru dan siswa.
VI. Penilaian
Tertulis
Lisan
Perbuatan / Unjuk kerja
Mengetahui : Kepala SDN Tanjungsari I Hj. A S I Y A H, S.PdNIP. 130 495 024 | Guru Kelas ( ……………………………. ) NIP. …………………… |
Lampiran 1.
Lembar kerja siswa1.
1) Tempat duduk disesuaikan kelompok (6kelompok)
2) Carilah contoh simbiosis berikut :
Kelompok 1 dan 2 Mencari 2 contoh simbiosis Mutualisme
Kelompok 3 dan 4 Mencari 2 contoh simbiosis Parasitisme
Kelompok 5 dan 5 Mencari 2 contoh simbiosis Komenlisme
3) Setiap contoh disertai gambar sederhana
Lembar kerja siswa 2.
Mmbuat Jaring-jaring makanan !
1) Amatilah hewan yang adsa di sekitar kalian.
2) Buatlah Jaring-jaring makanan dari hewan tersebut.
3) Tuliskan daftar rantai makanan, daftar produsen, dan daftar konsumen
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (13)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester : IV / I
Pertemuan Ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan antar makhluk dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
.
Kompetensi Dasar :5.2. Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
Indikator : - Menjelaskan bentuk-bentuk ketergantungan antara hewan dan tumbuhan di sekitarnya (mutualisme, parasitisme, komensalisme)
- Membuat bagan hubungan produsen, konsumen dan pengurai
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk ketergantungan antara hewan dan tumbuhan sekitarnya
2. Siswa dapat Membuat bagan hubungan produsen, konsumen dan pengurai
II. Materi
Hubungan ketergantungan antara hewan dengan tumbuhan sekitar.
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, Diskusi, Tugas
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
A. Kegiatan Awal
Mengadakan Tanya jawab mengenai hubungan ketergantungan makhluk hidup dengan tumbuhan
Mengamati gambar-gambar rantai makanan dan Jaring-jaring makanan
B. Kegiatan Inti
Mengadakan tanya jawab dan diskusi mengenai hubungan makhluk hidup lingkungannya yang saling membutuhkan dan tidak bisa hidup sendiri
- Membahas hasil diskusi bersama-sama sambil membuat rangkuman diskusi
- Kesimpulan hasil diskusi
- Mengerjakan lembar kerja.
C. Kegiatan Akhir
VII. Membahas tugas rumah (PR) agar lebih mantap
Pertemuan ke 2
A. Kegiatan Awal
Membahas PR
- Menyiapkan conth bagan produsen, konsumen, pengurai
B. Kegiatan Inti
Mengamati bagan produsen, konsumen, pengurai
Mengadakan tanya jawab dan diskusi mengenai Piramida makanan
- Membahas hasil dan Melaporkan hasil diskusi
- Menarik kesimpulan hasil diskusi
- Membuat rangkuman dari hasil diskusi kemudian mencatat ke dalam buku
C. Kegiatan Akhir
VIII. Mengadakan tes formatif
IX. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat : - Bagan/pyramid produsen, konsumen, pengurai
- Alam sekitar
b. Sumber pelajar :
- Buku IPA IV A‘Ganeca Exact’hal 73-88 .
- Buku LKS IPA IV A ‘Mitra Karya’ Solo, hal 24-31..
X. Penilaian
Tertulis
Lisan
Mengetahui : Kepala SDN Tanjungsari I Hj. A S I Y A H, S.PdNIP. 130 495 024 | Guru Kelas ( ……………………………. ) NIP. …………………… |
Lampiran 1:
Lembar kerja siswa 1
Lembar kerja siswa 2
Lengkapi bagan di bawah ini
No. | Produsen | Konsumen I | KonsumenII | Konsumen III | Pengurai |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 | | | | | |
Rencana Pelakanaan Pembelajaran (14)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/ Semester : IV / I
Pertemuan Ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran
Satandart Kompetensi : 6. memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya
Kompetensi Dasar : 6.1 mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas Memiliki sifat- sifat tertentu
Indikator :- menyebutkan macam- macam wujud benda.
- menyebutkan sifat benda padat
- menyebutkan sifat benda cair
- menyebutkan sifat benda gas
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menyebutkan macam- macam wujud benda
2. Siswa dapat menyebutkan sifat benda padat
3. Siswa dapat menyebutkan sifat benda cair
4. Siswa dapat menyebutkan sifat benda gas
II. Materi Pembelajaran :
Macam- macam wujud benda dan sifat- sifatnya
III. Metode
Tanya Jawab, ceramah. Tugas . Tanya jawab, diskusi
IV. Langkah- langkah Pembelajaran
Pertemuan
A. Kegiatan Awal.
- mengadakan Tanya jawab mengenai macam- macam cara benda yang ada di sekitar kita.
- Mengamati sifat- sifat benda
B. Kegiatan Inti.
- Mengadakan Tanya jawab dan diskusi mengenai maca- macam wujud benda beserta sifatnya.
- Melaporkan hasil diskusi secara kelompok.
- Membahas hasil diskusi dan menyalin ke dalam buku catatan.
- Menyelesaikan lembar kerja.
- Membahas hasil lembar kerja siswa.
C. Kegiatan Inti.
- Mengevakuasi keseluruhan kegiatan.
- Memberi tugas rumah (PR) untuk pemantapan
Pertemuan Ke 2.
A. Kegiatan Awal.
- Membahas PR
- Menyiapkan alat- alat untuk percobaan sifat- sifat benda cair dan gas.
B. Kegiatan Inti.
- Mengadakan beberapa percobaan mengamati sifat- sifat benda cair dan gas.
- Mendiskusikan hasil percobaan bersama.
- Melaporkan hasil diskusi.
- Tanggapan dan menarik kesimpulan
- Menyelesaikan lembar kerja siswa
C. Kegiatan Akhir.
- Memberi tugas (PR) untuk pemantapan
V. Alat dan Sumber.
- Benda- benda sekitar
- Alat/ bahan percobaan seperti : air, gelas, batu bosal, mangkuk dll.
- Buku IPA 4A “Ganeca Exact” hal. 90 – 113.
- Lembar kerja siswa “Mitra Karya” Solo hal. 32 - 39.
VI. penilaian
Tertulis
Lesan
Unjuk kerja/ praktek.
Mengetahui : Kepala SDN Tanjungsari I Hj. A S I Y A H, S.PdNIP. 130 495 024 | Guru Kelas ( ……………………………. ) NIP. …………………… |
Lampiran !
Lembar Kerja Siswa. (1)
- amatilah benda yang ada di sekitar mu.
- kelompokkan benda tersebut berdasarkan sifatnya dengan mengisi tabel di bawah ini.
Mengelompokkan benda padat berdasarkan sifatnya
No. | Benda keras | Benda lunak | Benda ringan | Benda luntur | Benda kaku |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9 10. | | | | | |
Lembar Kerja Siswa (2)
Alat : - gelas
- air
- batu
Kegiatan :
- Isi gelas dengan air hingga penuh
- Masukkan batu
- Amati apa yang terjadi pada air di gelas ?
- Diskusikan hasil pengamataanmu, kemudian simpulkan.
Lembar Kerja Siswa (3)
Alat : - alat timbangan (kayu + tali).
- 2 kantung plastik
- air secukupnya
Kegiatan :
- Isi kantung plastik, yang satu penuh yang satu setengahnya saja, tali ujungnya agar tidak tumpah.
- Gantungkan kedua plastik pada timbangan.
- Amati posisi timbangan tsb.
- Diskusikan, kemudian buatlah hasill kesimpulannya
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (15).
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester : IV / I
Pertemuaan : 1,2, dan 3
Alokasi Waktu : 6 Jam pelajaran (3x pertemuan).
Standart Kompetensi : 6. memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya
Kompetensi dasar : 6-2. mendiskripsikan terjadinya perubahan wujud cair →padat→cair,
cair→gas→cair, padat→gas.
Indikator :- melakukan percobaan tentang penimbangan bahan wjud benda
- memberi contoh perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari- hari
I. Tujuan Pembelajaran
1. siswa dapat melakukan percobaan tentang perubahan wujud benda.
2. siswa dapat memberi contoh perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari- hari
II. Materi Pembelajaran.
Perubahan wujud benda dan contohnya.
III. Metode Pembelajaraan
Diskusi ceramah. Demonstrasi, Tanya jawab, ekspresimen
IV. langkah- langkah Pembelajaran.
Pertemuan I
A. Kegiatan Awal
- menyiapkan oeralatan percobaan tentang perubahan wujud benda.
- Mengadakan Tanya jawab tentang wujud benda
B. Kegiatan Inti
- Setiap kelompok melakukan percobaan tentang perubahan wujud benda (mengamati proses mencair).
- Mendiskusikan hasil percobaan.
- Melaporkan hasil percobaan
- Membahas dan menyimpulkan hasil diskusi
- Mengerjakab LKS
C. Kegiatan Akhir
- Memberi PR untuk memantapkan.
Pertemuan II
A. Kegiatan Awal
- Membahas PR
- Menyiapkan peralatan atau bahan /melakukan percobaan mengenai perubahan wujud benda ( mengamati proses menguap)
B. - Mengamati percobaan perubahan wujud suatu benda cair menjadi uap
- Mendiskusikan hasil percobaan
- Melaporkan hasil percobaan .
- Membahas hasil percobaan dan menyimpulkan .
- Menyalin hasil kesimpulan ke dalam buku.
C. kegiatan Akhir.
- Memberi tugas untuk pelajaran yang akan datang.
Pertemuan III
A. Kegiatan Awal.
- Menyiapkan alat dan bahan percobaan.
- Mengadakan tanya jawab.
B. Kegiatan Inti.
- Mengadakan percobaan tentang proses pengembun.
- Mendiskusikan hasil percobaan.
- Melaporkan hasil percobaan.
- Membahas hasil percobaan.
- Menyimpulkan kemudian mencatat kesimpulan ke dalam buku.
C. Kegiatan Akhir.
- Mengadakan les formatif.
- Membahas daan mengevakuasi hasil tes formatif.
V. Alat dan sumber
Alat 1. 2.- Sendok 3.- es batu
- Lilin - air - gelas
- Sendok - Lilin - korek kain perca
- Pisau
Sumber :
- Buku IPA 4A “Ganeca Exact” 114 – 126.
- LKS IPA “Mitra Karya” Solo hal. 34 – 39.
- Alam sekitar kita.
VI. Penilaian.
- Tertulis
- Lesan
- Praktek
Mengetahui : Kepala SDN Tanjungsari I Hj. A S I Y A H, S.PdNIP. 130 495 024 | Guru Kelas ( ……………………………. ) NIP. …………………… |
Lampiran 1.
Lembar Kerja 1.
Mengamati poses mencair.
Siapkan Alas alat :
1. Lilin
2. Sendok makan yang ada pegangan plastic.
3. Pisau
Korek Api
Lakukan kegiatan berikut :
- potong lilin, letakkan di atas sendok
- panasi sendok yang sudaaah potongan lilin.
- biarkan beberapa saat, apa yang terjadi
- diskusikan bersama kelompok, kemudian simpulkan.
Lembar Kerja 2.
Mengamati Proses Menguap.
Alat :
Ø sendok makan yang ada pegangan plastic
Ø air
Ø lilin
Ø korek
Kegiatan :
1. Panaskan air di sendok makan
2. Biarkan saat, lilin amati apa yang terjadi pada air ?
Lembar Kerja 3.
Mengamati proses mengembun
Alat
Ø Es batu
Ø Gelas
Kegiatan :
1. Masukkan es batu kedalam gelas
2. Biarkan beberapa lama, lalu amati yang terjadi pada diding luar gelas. Apa yang terjadi kalian temukan di dinding luar gelas ?
Instrument Penilaian.
1. Menguap adalah ……………………………………
2. Membeku adalah …………………………………..
3. Mencair adalah …………………………………….
4. Mengembun adalah ………………………………..
5. Menyublim adalah …………………………………
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. (16).
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Kelas / semester : IV/I
Pertemuaan : 1 dan 2
Alokasi Waktu : Jam pelajaran (2x pertemuan)
Standart kompetensi : 6. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud bendaserta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya
Kompetensi Dasar :6.3. Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya.
Indikator : - Menjelaskan penggunaan benda berdasar kan sifatnya.
- Memilih alat- alat rumah tangga yang sesuai dengan fungsinya.
I. Tujuan Pembelajaran .
1. Siswa dapat menjelaskan penggunaan benda berdasarkan sifatnya.
2. Siswa dapat memilih alat- alat rumah tangga yang sesuai dengaan fungsinya.
II. Materi Pembelajaran.
Penggunaan benda berdasarkan sifatnya.
III. Metode Pembelajaran.
Diskusi, ceramah, tugas, tanya jawab
IV. Langkah- langkah Pembelajaran.
Pertemuan.
- Kegiatan Awal
- Mengadakan tanya jawab mengenai benda- benda disekitar dan bahan pembuatannya.
- Menyiapkan beberapa contoh benda.
- Kegiatan Inti
- Mengadakan diskusi dan tanya jawaab mengenai bahan- bahan pembuatan benda dan kegunaannya.
- Melaporkan hasil diskusi
- Membahas dan menyimpulkan hasil diskusi.
- Mencatat hasil kesimpulan
- Menyelesaikan lembar kerja.
C. Kegiatan Akhir
- Memberi tugas rumah (PR)
Pertemuan 2
A. Kegiatan Awal.
- Membahas PR
- Mengadakan tanya jawab mengenai beberapa peralatan rumah tangga.
B. Kegiatan Inti
- Mengadakan diskusi tentang jenis- jenis alat rumah tangga dan fungsinya.
- Membahas keuntungan cari sifat- sifat benda untuk keperluan rumah tanggaa sehari- hari.
- Menyimpulkan hasil diskusi.
- Menyelesaikan lembar kerja dan membahasnya.
C. Kegiatan Akhir
- Mengadakan Tes formatif
- Membahas hasil Tes formatif
V. Alat dan sumber pembelajaran.
Alat :
- Benda- benda disekitar kita
- Gambar- gambar.
Sumber pembelajaran :
Buku IPA 4A “Ganeca Exact” hal 126 – 137
LKS “Mitra Karya” Solo hal. 44 – 50.
VI. Penilaian
Tertulis
Lisan
Unjuk kerja
Mengetahui : Kepala SDN Tanjungsari I Hj. A S I Y A H, S.PdNIP. 130 495 024 | Guru Kelas ( ……………………………. ) NIP. …………………… |
Lampiran 1
Lembar kerja 1
Mengamati bahan Pembuat Kemasan Makanan.
No. | Nama produk | Bahan kemasaan | Keterangan |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | |
Lembar kerja 2
Buatlah daftar jenis / nama barang yang memanfaatkan sifatnya.
No. | Sifat kedap air | Sifat pegas | sifat kuat/ keras | Sifat menyerap air |
1. 2. 3. 4. 5. | | | | |
Instrument penilaian.
Jawablah dengan benar !
1. Benda yang paling cocok untuk sumbu kompor minyak tanah adalah………..
2. Bagian dalam bola sepak di buat dari karet karena memiliki sifat………..
3. pakaian pemadaam kebakaran terbuat dari………………………………..
0 komentar:
Posting Komentar