SILABUS
Nama Sekolah : SD Negeri Tanjungsari I
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Kelas/Semester : IV/1
Standar kompetensi : BAB 1. Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsi serta pemeliharaannya
Standar kompetensi : BAB 2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
Sub Bab | Kompetensi Dasar | Materi Pokok Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
2.1 | Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya | Bagian-bagian akar dan fungsinya | - Mengamati akar tumbuhan yang ada di sekitar - Diskusi tentang fungsi akar | - Membedakan jenis akar - Menyebutkan struktur bagian-bagian akar - Menjelaskan fungsi akar | | 4 × 35 menit 2 x pert | - Buku paket - Model rangka - Tubuh sendiri |
2.2 | Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya | Bagian-bagian batang dan fungsinya | - Mengamati batang tumbuhan yang ada di sekitar - Diskusi tentang fungsi batang | - Membedakan struktur batang - Menyebutkan bagian-bagian batang pada tumbuhan - Menjelaskan fungsi batang pada tumbuhan | | 4 × 35 menit 2 x pert | |
2.3 | Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya | Bagian-bagian daun dan fungsinya | - Mengamati daun tumbuhan yang ada di sekitar - Diskusi tentang bagian-bagian daun dan fungsinya | - Membedakan struktur daun - Menyebutkan bagian-bagian daun - Menjelaskan fungsi daun bagi tumbuhan (fotosintesis) | | 4 × 35 menit 2 x pert | |
2.4 | Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya | Bagian-bagian bunga dan fungsinya | - Mengamati bunga yang ada di sekitar - Diskusi tentang bagian-bagian bunga dan fungsinya | - Membedakan struktur bunga - Menyebutkan bagian-bagian bunga - Menyebutkan fungsi bagian-bagian bunga | | 4 × 35 menit 2 x pert | |
Standar kompetensi : BAB 3. Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
Sub Bab | Kompetensi Dasar | Materi Pokok Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.1 | Mengidentifikasi jenis makanan hewan | Makanan hewan | - Tanya jawab tentang jenis makanan hewan - Diskusi tentang pengelompokan jenis makanan hewan | - Menyebutkan jenis-jenis makanan hewan - Mengelompokkan jenis makanan hewan (jenis, bentuk) | | 2 x 35 menit 1 x pert | - Buku paket - Model rangka - Tubuh sendiri |
3.2 | Menggolongkan hewan berdasarkanjenis makanannya | Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya | - Tanya jawab dan diskusi tentang jenis hewan dan makanannya | - Menyebutkan jenis hewan yang makan rumput, daging dan pemakan semua - Mengelompokkan jenis hewan berdasarkan jenis makanannya (herbivora, karnivora, omnivora) | | 2 x 35 menit 1 x pert | |
Standar kompetensi : BAB 4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup
Sub Bab | Kompetensi Dasar | Materi Pokok Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
4.1 | Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar | Daur hidup | - Tanya jawab dengan menggunakan gambar daur hidup hewan - Diskusikan daur hidup sempurna dan tidak sempurna | - Menjelaskan daur hidup dari beberapa jenis hewan - Membedakan daur hidup sempurna dan tidak sempurna | | 4 x 35 menit 2 x pert | |
4.2 | Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan, mislanya kucing, ayam, ikan | Hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya | - Tanya jawab tentang makanan hewan - Mendemonstrasikan cara merawat dan membersihkan kandang - Diskusi tentang kegunaan kotoran hewan | - Menjelaskan cara yang tepat memberi makan hewan peliharaan - Menjelaskan cara merawat/membersihkan kandang - Menyebutkan kegunaan kotoran hewan peliharaan | | 4 x 35 menit 2 x pert | |
Standar kompetensi : BAB 5. Memahami sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
Sub Bab | Kompetensi Dasar | Materi Pokok Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
5.1 | Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan makan dan dimakan antara makhluk hidup (rantai makanan) | Saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya | - Tanya jawab tentang hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya - Diskusi tentang rantai makanan dengan gambar | - Menjelaskan bentuk-bentuk ketergantungan antara hewan dan tumbuhan di sekitarnya ( mutualisme, parasitisme, komensalisme) - Menuliskan/menggambarkan rantai makanan | | 4 x 35 menit 2 x pert | |
5.2 | Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan, mislanya kucing, ayam, ikan | | - Tanya jawab tentang bentuk-bentuk saling ketergantungan antara hewan dengan tumbuhan | - Menjelaskan bentuk-bentuk ketergantungan antara hewan dan tumbuhan di sekitarnya | | 4 x 35 menit 2 x pert | |
Standar kompetensi : BAB 6. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda
berdasarkan sifatnya
Sub Bab | Kompetensi Dasar | Materi Pokok Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
6.1 | Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu | Perubahan wujud benda | - Tanya jawab tentang macam-macam wujud benda - Tanya jawab tentang sifat-sifat benda | - Menyebutkan macam-macam wukud benda - Menjelaskan sifat-sifat benda berdasarkan percobaan | | 2 x 35 menit 1 x pert | |
6.2 | Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cairàpadatàcair; cairàgasàcair; padatàgas | | - Melakukan percobaan tentang perubahan wujud benda - Diskusi hasil percobaan | - Melakukan percobaan tentang perubahan wujud benda - Memberi contoh perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari | | 2 x 35 menit 1 x pert | |
6.3 | Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya | | - Mencari informasi bahan-bahan yang sesuai dengan tujuan tertentu | - Menentukan bahan yang sesuai untuk tujuan tertentu - Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dan kegunaannya | | 2 x 35 menit 1 x pert | |
0 komentar:
Posting Komentar