Pages

Selamat Datang di Mata Ilmu (sumber referensi ilmu pengetahuan alam

foto slide

Selasa, 21 Juni 2011

Silabus IPA kls 4 smster 1


SILABUS

Nama Sekolah               : SD Negeri Tanjungsari I
Mata Pelajaran               : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Kelas/Semester              : IV/1
Standar kompetensi       : BAB 1. Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsi serta pemeliharaannya


Sub Bab
Kompetensi Dasar
Materi Pokok Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1
Mendeskripsikan hubungan struktur rangka tubuh manusia dengan fungsinya
Rangka manusia dan fungsinya
-  Mengamati dan mendiskusikan model/gambar rangka tubuh manusia
-  Demonstrasi model fungsi rangka
-  Diskusi tentang hubungan struktur rangka dengan fungsinya

-  Menyebutkan 3 bagian utama rangka tubuh manusia
-  Menjelaskan fungsi rangka
-  Menjelaskan hubungan antara struktur rangka dengan fungsinya
-  Tertulis
-  Lisan
-  Projek
4 × 35 menit
2 x pert
-  Buku paket
-  Model rangka
-  Tubuh sendiri
1.2
Menerapkan cara memelihara kesehatan rangka tubuh
Penyakit rangka tubuh manusia dan cara penanggulangannya
-  Tanya jawab dan diskusi tentang penyakit pada rangka
-  Mencari informasi pada narasumber dan mendiskusikannya
-  Praktek simulasi cara merawat rangka
-  Menyebutkan beberapa penyakit pada rangka
-  Menjelaskan cara penganggulangan penyakit yang berkaitan dengan rangka
-  Mempraktekkan cara merawat rangka

4 × 35 menit
2 x pert

1.3
Mendeskripsikan hubungan antara struktur pancaindera dan fungsinya
Alat indera
-  Mengamati model/gambar alat indera
-  Mendiskusikan kegunaan alat indera
-  Mencari informasi dan mendiskusikan struktur pancaindera dengan fungsinya
-  Menyebutkan alat indera manusia
-  Menjelaskan kegunaan alat indera
-  Menjelaskan hubungan antara struktur pancaindera dengan fungsinya

4 × 35 menit
2 x pert

1.4
Menerapkan cara memelihara kesehatan pancaindra
Penyakit alat indera dan cara penanggulangannya
-  Diskusi tentang penyakit pada pancaindera dan cara menanggulanginya
-  Simulasi cara merawat panca indera
-  Menyebutkan beberapa penyakit pada pancaindera
-  Menjelaskan cara penanggulangan penyakit yang berkaitan dengan pancaindera
-  Mempraktekkan cara merawat pancaindera

4 × 35 menit
2 x pert





Standar kompetensi       : BAB 2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya


Sub Bab
Kompetensi Dasar
Materi Pokok Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
2.1
Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
Bagian-bagian akar  dan fungsinya
-  Mengamati akar tumbuhan yang ada di sekitar
-  Diskusi tentang fungsi akar
-  Membedakan jenis akar
-  Menyebutkan struktur bagian-bagian akar
-  Menjelaskan fungsi akar

4 × 35 menit
2 x pert
-  Buku paket
-  Model rangka
-  Tubuh sendiri
2.2
Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya
Bagian-bagian batang  dan fungsinya
-  Mengamati batang tumbuhan yang ada di sekitar
-  Diskusi tentang fungsi batang
-  Membedakan struktur batang
-  Menyebutkan bagian-bagian batang pada tumbuhan
-  Menjelaskan fungsi batang pada tumbuhan

4 × 35 menit
2 x pert

2.3
Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
Bagian-bagian daun  dan fungsinya
-  Mengamati daun tumbuhan yang ada di sekitar
-  Diskusi tentang bagian-bagian daun dan fungsinya
-  Membedakan struktur daun
-  Menyebutkan bagian-bagian daun
-  Menjelaskan fungsi daun bagi tumbuhan (fotosintesis)

4 × 35 menit
2 x pert

2.4
Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya
Bagian-bagian bunga  dan fungsinya
-  Mengamati bunga yang ada di sekitar
-  Diskusi tentang bagian-bagian bunga dan fungsinya
-  Membedakan struktur bunga
-  Menyebutkan bagian-bagian bunga
-  Menyebutkan fungsi bagian-bagian bunga

4 × 35 menit
2 x pert














Standar kompetensi       : BAB 3. Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya


Sub Bab
Kompetensi Dasar
Materi Pokok Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.1
Mengidentifikasi jenis makanan hewan
Makanan hewan
-  Tanya jawab tentang jenis makanan hewan
-  Diskusi tentang pengelompokan jenis makanan hewan
-  Menyebutkan jenis-jenis makanan hewan
-  Mengelompokkan jenis makanan hewan (jenis, bentuk)

2 x 35 menit
1 x pert
-  Buku paket
-  Model rangka
-  Tubuh sendiri
3.2
Menggolongkan hewan berdasarkanjenis makanannya
Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya
-  Tanya jawab dan diskusi tentang jenis hewan dan makanannya
-  Menyebutkan jenis hewan yang makan rumput, daging dan pemakan semua
-  Mengelompokkan jenis hewan berdasarkan jenis makanannya (herbivora, karnivora, omnivora)

2 x 35 menit
1 x pert
























Standar kompetensi       : BAB 4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup


Sub Bab
Kompetensi Dasar
Materi Pokok Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
4.1
Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar
Daur hidup
-  Tanya jawab dengan menggunakan gambar daur hidup hewan
-  Diskusikan daur hidup sempurna dan tidak sempurna
-  Menjelaskan daur hidup dari beberapa jenis hewan
-  Membedakan daur hidup sempurna dan tidak sempurna

4 x 35 menit
2 x pert

4.2
Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan, mislanya kucing, ayam, ikan
Hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya
-  Tanya jawab tentang makanan hewan
-  Mendemonstrasikan cara merawat dan membersihkan kandang
-  Diskusi tentang kegunaan kotoran hewan
-  Menjelaskan cara yang tepat memberi makan hewan peliharaan
-  Menjelaskan cara merawat/membersihkan kandang
-  Menyebutkan kegunaan kotoran hewan peliharaan

4 x 35 menit
2 x pert























Standar kompetensi       : BAB 5. Memahami sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya


Sub Bab
Kompetensi Dasar
Materi Pokok Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
5.1
Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan makan dan dimakan antara makhluk hidup (rantai makanan)
Saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
-  Tanya jawab tentang hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya
-  Diskusi tentang rantai makanan dengan gambar
-  Menjelaskan bentuk-bentuk ketergantungan antara hewan dan tumbuhan di sekitarnya ( mutualisme, parasitisme, komensalisme)
-  Menuliskan/menggambarkan rantai makanan

4 x 35 menit
2 x pert

5.2
Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan, mislanya kucing, ayam, ikan

-  Tanya jawab tentang bentuk-bentuk saling ketergantungan antara hewan dengan tumbuhan
-  Menjelaskan bentuk-bentuk ketergantungan antara hewan dan tumbuhan di sekitarnya

4 x 35 menit
2 x pert




















Standar kompetensi       : BAB 6. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda
     berdasarkan sifatnya


Sub Bab
Kompetensi Dasar
Materi Pokok Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
6.1
Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu
Perubahan wujud benda
-  Tanya jawab tentang macam-macam wujud benda
-  Tanya jawab tentang sifat-sifat benda
-  Menyebutkan macam-macam wukud benda
-  Menjelaskan sifat-sifat benda berdasarkan percobaan

2 x 35 menit
1 x pert

6.2
Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cairàpadatàcair; cairàgasàcair;
padatàgas

-  Melakukan percobaan tentang perubahan wujud benda
-  Diskusi hasil percobaan
-  Melakukan percobaan tentang perubahan wujud benda
-  Memberi contoh perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari

2 x 35 menit
1 x pert

6.3
Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya

-  Mencari informasi bahan-bahan yang sesuai dengan tujuan tertentu
-  Menentukan bahan yang sesuai untuk tujuan tertentu
-  Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dan kegunaannya

2 x 35 menit
1 x pert







0 komentar:

Posting Komentar